Kunjungi Polrestabes Semarang, KemenPANRB Sebut Aplikasi Libas Dapat Ditiru di Polres Lainnya

SEMARANG (Awall.id) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui unit kerja Deputi Bidang Pelayanan Publik melakukan kunjungan dan audiensi ke Polrestabes Semarang, Selasa (05/03/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Biro Reformasi Birokrasi Polri, Brigjen Pol Mas Gunarso, Kepala Biro Perencanaan Polda Jateng Kombes Pol Handoyo, Itwasda Polda Jateng Kombes Pol Rudy Mulyantoko, dan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar.

Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Ajib Rakhmawanto menjelaskan kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka meninjau kesiapan inovasi Polisi Hebat Semarang (LIBAS) untuk disebarluaskan ke Polres lainnya di wilayah kerja Polda Jawa Tengah.

“Inovasi LIBAS merupakan salah satu inovasi yang telah mendapatkan penghargaan sebagai Top Inovasi Terpuji pada gelaran KIPP 2023 lalu. Inovasi LIBAS merupakan solusi dari permasalahan pelayanan publik dan juga percepatan penanganan kejahatan,” ungkapnya.

Inovasi LIBAS berbentuk aplikasi yang dapat diunduh oleh seluruh warga, dan didalamnya terdapat lebih dari 40 fitur yang dapat digunakan.

Inovasi LIBAS mengintegrasikan beberapa layanan publik di skala nasional (E-Dumas / Penanganan Pengaduan Masyarakat, POLRI TV, SINAR/ SIM Nasional Presisi, SP2HP/ Surat Pemberitahuan Perkembangan Penyidikan, dan BLC) dan beberapa aplikasi layanan publik lokal baik itu layanan inisiasi pemerintah kota (Ambulan Hebat, CCTV Analitic, Info COVID, Lapor Hendi, dan Si DATANG) dan layanan Publik inisiasi Polrestabes Semarang (E-Compaint, E-Pelaporan, Besuk Virtual, SKCK HEBAT, SOS, dan TEBAS).

Sementara, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar menambahkan meski telah menjadi bagian dari kinerja maksimal, aplikasi Libas akan terus dikembangkan lebih baik lagi guna memaksimalkan dan menjamin keamanan masyarakat Kota Semarang.

“Aplikasi Libas yang kini telah di unduh sebanyak 240 ribu masyarakat dan didukung sebanyak 35 ribu CCTV dari berbagai sudut diwilayah hukum Polrestabes Semarang dan menjadi garda depan aduan dan informasi masyarakat. Kedepan, kinerja aplikasi Libas akan terus kami tingkatkan dengan berbagai pengembangan berbasis digital,” tambahnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *