Pemilu 2024, Kapolda Jateng Tegaskan Polwan Miliki Peran Penting

SEMARANG (Awall.id) – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi menegaskan bahwa menjelang pemilu 2024 polisi wanita (polwan) memiliki peran penting.

Selain melakukan tindakan preemptif, dan preventif, lanjutnya, para polwan yang sudah terlatih juga akan diterjunkan untuk penegakkan hukum.

“Polwan akan kita terjunkan secara maksimal dalam pengamanan pemilu 2024 baik itu melalui kegiatan preemtif, preventif serta penegakan hokum. Sebelumnya akan kita persiapkan melalui berbagai pelatihan pengamanan termasuk dalam pengamanan TPS nanti akan diterjunkan personil Polwan,” ungkap Luthfi usai menghadiri perayaan HUT ke 75 Polwan di Gedung Borobudur Mapolda Jawa Tengah, Senin (4/9/2023).

Lebih lanjut Luthfi mengatakan bahwa di samping Polwan dengan berbagai keterbatasannya, selain dinas kepolisian mereka juga ibu rumah tangga.

Namun, kata dia, pihaknya telah menginstruksikan Perwira Koordinator (Pakor) Polwan untuk menggelar latihan di bawah komando Karo Ops Polda Jawa Tengah

“Sudah kami arahkan untuk kami latih dengan Karo Ops, terkait dengan pemakaian Polwan di Polda Jawa Tengah,” tandasnya.

Ia juga mewanti-wanti Polwan untuk tidak melakukan pelanggaran yang mencederai harga diri sebagai seorang perempuan.

“Jadi, Polwan itu kan dicetak disamping sebagai anggota Polwan tapi juga sebagai ibu rumah tangga. Kalau di ibu rumah tangga dijaga juga muruah Polwan jangan sampai melanggar,” paparnya.

Sementara, Pakor Polwan Polda Jawa Tengah AKBP Anita Indah Setyaningrum mengatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan Pemilu damai dengan menyiapkan personil yang berperan sebagai negosiator.

“Kami sudah dipersiapkan, Polwan sebagai negosiator handal di lapangan nanti dan juga melakukan sistem pengamanan kota,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa dalam ulang tahun ini, terdapat sejumlah rangkaian kegiatan hingga puncak acara. Di antaranya kegiatan bakti religi, anjangsana, goes to campus, goes to school, donor darah, olahraga bersama, webinar, lomba public speaking dan masih banyak lainnya.

“Semoga polwan makin maju, dan mandiri melakukan kewajiban sesuai arahan pimpinan,” imbuhnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *