DPMPTSP Tawarkan Pengusaha Medan Berinvestasi di Kota Semarang

SEMARANG (Awall.id) – Peluang dan potensi investasi di Kota Semarang saat ini cukup besar. Apalagi Ibu Kota Jateng, memiliki sembilan kawasan industri yang bisa dimanfaatkan investor. Potensi ini coba dimanfaatkan Pemkot Semarang, untuk menjual peluang dan menarik investor dari Medan untuk datang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Terpadu (DPMPTSP) Kota Semarang, Widoyono menjelaskan jika Pemkot Semarang siap memberikan kemudahan dan pendampingan perizinan kepada investor yang datang.

“Kita kenalkan potensi investasi yang ada di Semarang ke Medan, sampai Juli kemarin, perizinan yang masuk dari sektor perdagangan mencapai 458, lalu perindustrian 643, dan pariwisata 265,” ujarnya, Kamis (24/8/2023).

Wido sapaannya, menjelaskan sektor industri sengaja dipacu untuk menarik investor. Sebab, dunia industri mudah untuk memunculkan multiplier effect. “Kita coba pacu, selain penyerapan tenaga kerja yang padat karya, juga efek perekonomian bagi lingkungan kawasan industri,” tambah dia.

Selain itu, pihaknya saat ini tengah menggodok regulasi insentif investasi. Insentif investasi itu berupa bantuan akses, bantuan penerangan jalan, reduksi pajak, reduksi retribusi, atau bentuk insentif lainnya.

“Kita tunjukkan jika investasi di Semarang sangat menguntungkan, Alhamdulillah dari berbagai sektor, mulai pariwisata, pedagang, kuliner, fashion di Medan tertarik ke Semarang,” jelasnya.

Selain di Kota Medan, roadshow menjual potensi investasi di Kota Semarang akan terus dilakukan di berbagai kota lainnya. Dia menyebut, potensi investasi masih cukup banyak di ibu kota Jawa Tengah.

“Juli lalu, capaian investasi Kota Semarang sudah di angka Rp 13,9 triliun atau 54 persen dari target Rp 26 triliun,” pungkasnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *